Tukang Ojek Asal Untung

Saturday, December 12th 2015. | Agama

Rubrik Masail diasuh oleh KH. Qohwanul adib Munawwar

Memuat segala pertanyaan seputar masail diniyah (permasalahan keagamaan)

yang bisa dikirim lewat surat, e-mail, ataupun SMS ke 081 234 01 5001

 

 ojek

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Ada saja yang dilakukan orang guna memperoleh keuntungan. Salah satunya tukang ojek. Melihat penumpangnya tidak tahu jalan, si tukang ojek malah mengantarnya melalui jalan yang lebih jauh untuk sampai ke tempat tujuan. Padahal, ada jalan lain yang lebih dekat. Bagaimana pandangan Bapak Kiai mengenai perbuatan tukang ojek tersebut?

+62856530xxxx

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam Wr. Wb. Minimnya penghasilan tukang ojek per harinya mungkin menjadi latar belakang mereka melakukan hal demikian. Kita bayangkan berapa penumpang yang mereka peroleh tiap hari. Padahal, kebutuhan keluarga selalu meningkat. Dalam kondisi seperti inilah, mereka yang tetap bersabar dan jujur adalah orang yang dijanjikan balasan besar oleh Allah Swt.

Akad yang dipakai antara tukang ojek dan penumpangnya dalam permasalahan saudara yaitu akad ijaroh manfaat yang sah. Namun, syaratnya ujrah atau ongkos telah ditentukan. Adapun musta’jir atau  penumpang mengetahui jarak perjalanan yang akan ditempuh. Karena, dilarang menyewa sesuatu yang tidak diketahui.

Mengambil jalan yang lebih jauh, sementara ada yang lebih dekat untuk menambah keuntungan bagi mu’jir (tukang ojek) tidaklah merusak akad ijaroh, namun hal itu sangat tidak layak dilakukan. Hukumnya adalah haram, karena mengandung unsur kedzaliman. Penumpang akan merasa rugi. Padahal, dalam sebuah mu’amalah tidak boleh ditemukan unsur merugikan atau dirugikan. Syari’at mengutamakan rasa puas dan ridla dari kedua orang yang bertransaksi.

Refrensi : Al Siraj al Wahab: 2. Ihya ulumiddin [3]: 82-85. Is’adurrofiq [1]: 137. Al fatawi al-Kubro al-Fiqhiyyah: 116. Al zawajir [1]: 399.

Comments

comments

tags: , , , , , ,

Related For Tukang Ojek Asal Untung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *