Tiga Komponen Langka di Akhir Zaman

Thursday, May 24th 2018. | Hadist

 

*Oleh: KH. Ahsan Ghozali, MA.

وَقَدْ رَوَى اَبُوْ نُعَيْمٍ فِى الْحِلْيَةِ مِنْ طَرِيْقٍ مُحَمَّدِ بْنِ اَيُّوْبَ الرَّاقِى عَنْ مَيْمُوْنَ بْنِ مَهْرَانِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, قَلَّمَا يُوْجَدُ فِى اَخِرِ الزَّمَانِ دِرْهَمٌ حَلَالٌ اَوْ اَخٌ يُوْثَقُ بِهِ

Diriwayatkan oleh Abu Nuaim dalam kitab Hilyah dari Thoriq Muhammad bin Ayyub Ar-raqi, dari Maimun bin Mahran, dari Abdillah bin Umar, Rasulullah bersabda: “Pada akhir zaman sedikit sekali ditemukan uang yang halal dan sahabat yang dipercaya.”

Rasulullah Saw juga bersabda: “Akan datang kepada kalian suatu masa, di dalamnya terdapat tiga perkara yang sangat langka, yaitu sahabat yang menyenangkan (sejati), uang yang halal dan sunnah yang dikerjakan

Hadis di atas menjelaskan begitu langkanya keberadaan sahabat sejati, harta yang halal dan kesunahan-kesunahan yang ditinggalkan, kiranya fenomena tersebut semakin hari semakin nampak dan terasa di tengah-tengah kehidupan sekarang. Berikut uraian tiga komponen yang sangat langka di akhir zaman:

Sahabat sejati

Lazimnya seorang sahabat sejati adalah sahabat yang mendasarkan persahabatan semata-mata karena Allah Swt. Ia berusaha membantu di dalam berbagai cara secara positif, mempunyai rasa simpatik baik di dalam suka maupun duka. Sahabat menjadi tolak ukur guna menakar sejauh mana tingkat keshalehan atau kualitas keagamaanya, sebagaimana sabda Rasul: “Seseorang itu dinilai oleh kualitas agama sahabatnya.” Atas dasar inilah keberadaan sahabat sangat berperan penting dalam kehidupan. Dan kenapa suatu hari keberadaan sosok sahabat sejati begitu langka di muka bumi, sebab sosok sahabat yang diidam-idamkan akan punah dengan adanya sifat egois, tamak, hipokrit (munafik), pembohong, pemboros dan suka hiburan, beberapa sifat negatif inilah yang menjadikan sosok sahabat sejati sangat langka suatu saat nanti di muka bumi ini.

 

Uang halal

Uang merupakan salah satu kebutuhan yang dapat mempengaruhi kesejahteraan seseorang. Tanpa adanya uang seseorang akan merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Uang merupakan salah satu bentuk rezeki dari Allah yang harus didapatkan melalui jalan yang baik dan halal sesuai dengan tuntunan syariat. Pada zaman modern saat ini transaksi pendapatan uang halal harus sangat diperhatikan dan dilakukan dengan sangat hati-hati, sebab semakin modern maka semakin mudah pula transaksi kehidupan, sepertihalnya keberadaan bank, bank merupakan fasilitator yang memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi uang, tapi dalam bank inilah yang banyak ditemukan transaksi menggunakan sistem riba, padahal jika uang didapatkan dengan cara riba maka uang itu adalah haram, sebagaimana hadis Rasul:

يَأْتِى عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ يَأْكُلُوْنَ الرِّبَا فَمَنْ لَمْ يَأْكُلْهُ اَصَابَهُ مِنْ غُبَارة

“Suatu saat nanti manusia akan mengalami suatu masa yang ketika itu semua orang memakan riba. Yang tidak memakannya akan terkena debunya.” (HR. an-Nasai)

 

Muslim man prays in mosque

Sunnah yang tidak dikerjakan

Kelangkaan yang dipesankan oleh Rasulullah Saw adalah sunnah-sunnah yang telah diajarkan oleh Nabi mulai ditinggalkan oleh umat muslim karena sering dianggap sebagai amalan tambahan yang jika ditinggalkan tidak mendapat dosa dan disamping itu umat Islam lebih memilih amalan-amalan yang lahir dari pemikiran-pemikiran manusia itu sendiri daripada amalan sunnah yang diperintahkan oleh Rasulullah. Padahal Islam tegak karena kumpulan dari sunnah-sunnah Rasulullah Saw dan sebaliknya apabila sunnah-sunnah tersebut ditinggalkan maka kesempurnaan Islam akan menghilang. Sebagaimana yang ditegaskan oleh Abdullah Ad-Dailami: “Sesungguhnya pertama kali hilangnya agama (Islam) adalah dengan ditinggalkannya sunnah. Agama ini akan kehilangan sesunnah demi sesunnah sebagaimana lepasnya tali seutas demi seutas.

 

 

           

Comments

comments

tags: , , , , ,

Related For Tiga Komponen Langka di Akhir Zaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *