Tanda-Tanda Kebesaran Allah Dalam Tumbuh-Tumbuhan

Friday, April 8th 2016. | Uswatun Hasanah

semanggi-tumbuhan-paku

Tanda-Tanda Kebesaran Allah

Dalam  Tumbuh-Tumbuhan

 

Jika melihat tumbuh-tumbuhan menghijau, padang sabana yang luas, dan hamparan pepohonan maka hati kita akan terasa damai. Tapi tahukah kita, bahwa selain indah ternyata banyak hikmah penciptaan dibalik semua itu. Bagaimana tumbuhan hidup dan melangsungkan habitatnya.

Sungguh indah jika kita membaca Firman-Nya:

Dan Dia-lah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dari air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. al-An’am [6]: 99)

Tumbuh-tumbuhan merupakan dunia yang berdiri sendiri. Para ilmuan masih terus mempelajarinya. Setiap hari, mereka melakukan loncatan jauh dalam menyingkap karakteristiknya. Para ilmuan telah membagi tumbuh-tumbuhan menjadi beberapa jenis berdasarkan sifat-sifat anatominya, reproduksinya, atau lingkungannya (ekosistemnya).

Secara umum, tumbuh-tumbuhan tumbuh dari biji yang tercukupi oleh kondisi-kondisi khusus. Yang paling penting adalah embrio yang ada di dalamnya. Biji dapat disimpan dalam waktu yang lama. Hal ini menjadi bukti keberadaan Allah SWT. Buktinya, biji-biji gandum yang ditemukan di dalam kuburan para raja Mesir dan telah tersimpan dalam waktu ribuan tahun dapat ditanam pada masa sekarang.

Terpenuhinya air dan panas yang sesuai merupakan suatu keharusan untuk pertumbuhan. Setiap biji tumbuh dalam temperatur tertentu. Udara juga merupakan sesuatu yang sangat vital bagi tumbuhan. Tumbuhan adalah makhluk hidup yang bernapas, bahkan mampu merasakan, bersedih, dan berbahagia. Pernah dilakukan penelitian  terhadap tumbuh-tumbuhan yang diletakkan di pesawat luar angkasa dan dipasangi alat-alat penelitian yang canggih. Rekaman-rekamannya menunjukkan bahwa tumbuh-tumbuhan itu mengalami kerusakan-kerusakan dan kekacauan pada sarafnya. Ketika kembali ke bumi, tumbuhan tersebut menjadi tenang seperti semula.

Jika biji ditanam, embrio hidup keluar darinya dengan membentuk akar-akar kecil lalu dia mulai memakan bahan makanan yang tersimpan didalam biji hingga batang tubuhnya memanjang dan menancap ke dalam tanah untuk mendapatkan makanan darinya. Dalam hal ini, gerakannya sama dengan gerakan embrio manusia dan hewan, makan dari tubuh ibunya saat masih dalam kandungan, kemudian dari susunya, kemudian berpisah dari tubuh ibunya dan mengandalkan dirinya sendiri ketika tubuhnya telah siap untuk itu. Apakah selain Allah, ada yang memberikan kehidupan pada biji? Apakah selain Allah, ada yang memberikan kekuatan pada akar untuk menerobos ke dalam bumi dan mengeluarkan batang dan ranting, memberikan daun, bunga-bunga, dan buah-buahan?

Ini adalah kehidupan yang rumit, jeli, agung, berakal, yang tujuannya adalah menjaga jenisnya dan melanjutkan estafet kehidupan. Mahasuci Zat yang Mahahidup dan pemberi kehidupan.

 

[Muhammad Hasyim]

Comments

comments

tags: , , , , , , ,

Related For Tanda-Tanda Kebesaran Allah Dalam Tumbuh-Tumbuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *