Syarat Menjadi Umat Terbaik

Sunday, May 27th 2018. | Uncategorized

Allah Swt. berfirman :

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ * لَن يَضُرُّوكُمْ إِلاَّ أَذًى وَإِن يُقَاتِلُوكُمْ يُوَلُّوكُمُ الأَدُبَارَ ثُمَّ لاَ يُنصَرُونَ *

Artinya : Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. Mereka sekali-kali tidak akan dapat membuat mudharat kepada kamu, selain dari gangguan-gangguan celaan saja, dan jika mereka berperang dengan kamu, pastilah mereka berbalik melarikan diri ke belakang (kalah). Kemudian mereka tidak mendapat pertolongan. (QS.ali Imron : 110-111)

Pada ayat di atas Allah menerangkan bahwa umat Nabi Muhammad Saw. adalah umat terbaik bagi manusia. Hal ini selaras dengan sabda beliau Saw, “Aku diberi sesuatu yang tidak diberikan pada nabi sebelumku. Kami bertanya,”Apakah itu, wahai Rasul? Beliau menjawab,”Aku ditolong dengan ketakutan -bagi musuh-, aku diberi kunci-kunci(penaklukan) bumi, aku diberi nama Ahmad, debu dijadikan sebagai alat bersuci, dan umatku dijadikan sebagai umat terbaik.[HR. Ahmad]

Tidak cukup sampai disitu, Allah Swt.  juga memberi jaminan kepada umat ini dengan  kabar gembira yang nyata. Dalam ayat di atas, Allah Swt. menyebutkannya setelah umat Islam bias memenuhi syarat yang diajukan-Nya. Jaminan-jaminan tersebut adalah :

  1. Tidak mendapat bahaya besar meskipun akan mendapat banyak musuh.

لَنْ يَّضُرُّوْكُمْ إِلَّا أَذًىۗ

Artinya : Mereka tidak akan membahayakan kamu, kecuali gangguan-gangguan kecil saja …. (QS. Ali Imran :111)

Makna “bahaya” dalam ayat di atas tidaklah sampai merusak eksistensi umat dan tidak sampai melemahkan. Imam Abu Ja’far berkata ,”Maksudnya adalah tidak akan membahayakan kalian, hai orang-orang yang beriman, mereka orang-orang fasiq dari ahli kitab dengan kekufuran dan pendustaan mereka kepada nabi Muhammad Saw. Kecuali hanya karena sebab rasa sakit sebab mereka musyrik, berita kufur mereka yang kalian dengar, dan doa mereka agar kalian tersesat. Dan semua itu tidaklah membahayakan kalian.”

  1. Saat para ahli kitab memerangi umat Islam, maka kemenangan akan tetap diperoleh orang Islam. Para ahli kitab akan mundur berbalik saat menyerang mereka.

Allah Swt. Berfirman :

وَإِنْ يُّقَاتِلُوْكُمْ يُوَلُّوْكُمُ الْأَدْبَارَۗ

Artinya : Dan jika mereka memerangi kamu, niscaya mereka mundur berbalik ke belakang (kalah).

  1. Dan ahli kitab atau orang-orang yahudi tidak akan mendapat kekuatan untuk merebut kekuasaan mereka.

ثُمَّ لَا يُنْصَرُوْنَ

Artinya : Selanjutnya mereka tidak mendapat pertolongan.

Namun untuk menyandang predikat sebagai umat terbaik dan mendapatkan tiga jaminan di atas Allah memberi syarat yang harus dipenuhi umat Islam. Diriwayatkan dari sayyidina Umar ra. saat khutbah haji beliau membaca ayat “ … كنتم خير امة اخرجت للناس ” lalu beliau berkata, “Barang siapa yang ingin mendapat kemulyaam umat ini, maka hendaklah dia melakukan syarat yang Allah berikan.”

  1. Mengajak pada kebaikan dan mencegah perkara Munkar (تأ مرون بالمعروف وتنهون عن المنكر )

Asal dari makna ma’ruf adalah perkara yang dianggap oleh orang yang beriman sebagai perkara yang baik, bagus, dan indah. Ada yang mengatakan bahwa ma’ruf adalah ketaatan. Disebut ma’ruf(diketahui) karena sudah diketahui. Sedangkan munkar adalah perkara yang diingkari oleh Allah dan pelakunya dianggap buruk. Ibnu Abbas ra. mengatakan bahwa umat terbaik adalah mereka yang memerintahkan pada syahadat dan menyakini semua yang turun dari Allah Swt. Dan memerangi orang-orang yang menolaknya. Laailaahaillah adalah paling agungnya perkara ma’ruf, dan berdusta adalah paling besarnya kemungkaran.

  1. Beriman kepada Allah (تؤمنون بالله )

Iman adalah syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seluruh umat Islam. Karenanya dalam ayat di atas Allah terlebih dahulu menyebut syarat amr ma’ruf nahi Munkar. Iman adalah syarat yang harus terpenuhi agar syarat yang pertama diterima. Karena iman adalah syarat diterimanya sebuah ibadah. Dan Amr ma’ruf nahi Munkar adalah syarat menjadi umat terbaik.

Sesungguhnya janji Allah tidak pernah dan tidak akan diingkari. Janji di atas Dia buktikan kepada para sahabat dan salaf shalihin yang memiliki iman yang kuat dan gemar memerintah pada kebaikan dan mencegah kemungkaran. Allah memberikan kepada mereka kekuatan dan ketangguhan melawan musuh. Dengan dua bekal tersebut mereka mampu membuat Islam mendominasi yang bisa kita rasakan sampai sekarang.

 

Comments

comments

Related For Syarat Menjadi Umat Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *