Profil Rumah Amal dan Dakwah (RAMAH) Majalah Langitan

Sunday, November 8th 2015. | Ramah

1508654_164905497191220_537263185291242100_n

Bahwa di dunia ini kita tidak bisa hidup sendiri karena kita semua akan saling membutuhkan satu-sama lain. Jangan pernah menyepelekan orang lain karena kekurangnnya, karena suatu saat kita juga pasti akan membutuhkan orang lain untuk melakukan sesuatu yang menjadi kekurangan kita. Di sinilah agama mengajarkan kita untuk bersikap dermawan dengan menyedekahkan sebagian harta untuk mereka yang tak berpunya.

Sedekah, sebuah perbuatan sederhana namun terasa berat bagi yang tidak terbiasa, terlebih jika dia juga sedang membutuhkan. Namun di situlah pribadi seseorang sedang diuji seberapa kuat dia peduli terhadap orang lain.

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمۡوَٰلَهُمۡ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنۢبُلَةٖ مِّاْئَةُ حَبَّةٖۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُۚ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ ٢٦١

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. 2:261)

Jangan pernah berpikir bahwa bersedekah atau berinfaq akan mengurangi jumlah harta. Percayalah kedermawanan akan mendatangkan kebaikan pada sekitar kita, termasuk diri kita sendiri, sekecil apapun itu. Bukankah kemiskinan, ketertinggalan, kebodohan dan kesenjangan makin tampak salah satunya disebabkan karena keengganan kita untuk untuk berbagi?

Maka, alangkah indah dan bermaknanya hidup ini jika kita tergerak menjadi penyantun. Jika gerakan seperti ini kian meluas, niscaya kemiskinan, ketertinggalan, kesenjangan ekonomi, dan lain sebagainya akan tereduksi. Sebagian dari kita memang sudah memiliki semangat untuk berbagi, namun terkadang kurang tepat dalam penyalurannya.

Di sinilah, Lembaga Dakwah dan Sosial Majalah Langitan (RAMAH) mengambil peran untuk memusatkan infak dan sedekah umat Islam. Sebagai lembaga pengelola infaq dan sedekah, RAMAH mengedepakan ketepatan dalam pendistribusiannya, khususnya di bidang pendanaan program pemberdayaan umat Islam. Program pemberdayaan umat Islam yang menjadi prioritas RAMAH adalah program yang terkait dengan dakwah dan pendidikan khususnya di pesantren.

Pola mobilisasi dana infaq dan sedekah yang diimplementasikan RAMAH adalah pola donatur tetap. Lebih mementingkan rutinitas pemberian dana bukan besarnya dana. Petugas RAMAH setiap bulannya akan “jemput bola” mendatangi para donatur guna mengambil dana yang disedekahkan. RAMAH siap menjadi mitra terpercaya Anda.

 

TUJUAN

Memusatkan dana infaq dan sedekah dan mendistribusikannya pada program pemberdayaan umat Islam, terutama yang terkait dengan masalah dakwah dan pendidikan pesantren.

 

VISI

Menjadi lembaga pengelola infaq dan sedekah yang amanah dan proaktif dengan manajemen dan akuntabilitas yang dapat dipertanggung jawabkan.

 

MISI

Secara aktif ikut andil dalam menyelesaikan persoalan pendanaan bagi program pemberdayaan umat Islam khususnya pelajar di pesantren sebagai calon pemimpin umat yang mengemban tugas penegakan diin al-Islam secara kaffah.

Comments

comments

tags:

Related For Profil Rumah Amal dan Dakwah (RAMAH) Majalah Langitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *