Perbarui Tobat Setiap Saat

Saturday, April 14th 2018. | Tokoh

Manusia perlu memperbarui tobat atas dosa dan kemaksiatan, jika ia tidak menyadarinya maka akan semakin menjauhkannya dari Allah Swt, sehingga ia perlu untuk bertobat.

Manusia sering berbuat teledor akan nikmat Allah. Namun, dengan keutamaan Allah, kedermawanan dan kasih sayang-Nya, Allah tidak mengusir orang yang pantas diusir dari pintu rahmat-Nya. Dan tidak memutuskan harapan mereka akan kedermawanan-Nya, bahkan tetap membuka pintu untuk menghadap kepada-Nya.

 

Bahkan Allah mengenakan kepada mereka pakaian cinta jika mereka bertobat. Dan pakaian cinta dari Allah ini merupakan pakaian yang agung, dijadikan Allah bagi mereka yang berulang kali melakukan dosa kemudian berulangkali pula bertobat.

Allah Swt berfirman, :

ان الله يحب التوابين …الأية

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat.

Para ulama mengatakan, Allah Swt tidak berfirman‘Sesungguhnya Allah menyukai orang yang bertobat’. Jika firman Allah demikian, maka orang yang melakukan satu dosa kemudian bertobat, Allah menyukainya. Namun jika ia langgar kembali maka berahir kesempatan cinta Allah kepadanya.

Sedangkan redaksi Quran menggunakan lafad tawwabin, kata yang digunakan menunjukkan arti ‘banyak’ dalam bahasa arab. Artinya yang bertobat, kemudian bertobat dan bertobat, berulang kali, baik karena telah melakukan banyak dosa, atau karena meningkatkan derajat pengetahuan mereka terhadap Allah.

Diterjemahkan dari pengajian rutin majlis Habib Ali al-Jufri lewat website resminyaa www.alhabibali.com

Comments

comments

tags: , , , , ,

Related For Perbarui Tobat Setiap Saat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *