Peran Tawakal Dalam Kehidupan Sosial

Wednesday, May 23rd 2018. | Tasawuf

 

Dalam dinamika kehidupan, manusia di tuntut untuk selalu memenuhi kebutuhan hidup, baik secara lahiriyah maupun bathiniyah.  Hal tersebut memaksa mereka pada tuntutan untuk mencukupi kebutuhan hidup orang-orang di sekitarnya, mau atau tidak manusia harus melakukan aktivitas yang menghasilkan pundi-pundi rupiah demi keberlangsungan hidup mereka dan keluarganya. Di samping itu mereka tetap harus menyisihkan waktu UNTUK beribadah kepada Allah Swt. Ikhtiyar dan tawakal haruslah seimbang, jangan sampai salah satu lebih berat di antara keduanya. Allah memang menganjurkan hambanya untuk mengais rezeki, namun dengan tetap menjalin komunikasi yang baik dengan tuhannya.

Kemahaadilan Allah

Seorang hamba yang menyelami lebih dalam atas keagungan Allah Swt. ia akan menyadari bahwa pemberian Allah tidak terbatas pada mereka saja yang melaukan aktivitas bekerja. Pemberian Allah Swt menyeluruh kepada hamba-hambanya meskipun hamba tersebut tidak bekerja atau bahkan tidak mempunyai pekerjaan. Seperti halnya bayi dalam kandungan sang ibu yang jelas tidak mampu untuk mencari rezeki untuk dirinya sendiri, tapi Allah Swt tetap mendatangkan rezeki bagi bayi tadi dengan sambungnya pusar bayi tersebut dengan ibunya.

Sehingga ia mendapat rezeki dari apa yang ibunya makan, bukan dengan upayanya sendiri. Kemudian ketika bayi tadi lahir ke dunia sedangkan ia belum mempunyai gigi untuk mengunyah makananya, Allah Swt mendatangkan rezeki melalui ibunya yakni berupas ASI yang tidak butuh pada kunyahan. Di samping itu juga karena masih lemahnya organ sang bayi untuk mencerna makanan yang berat-berat. Dan ketika bayi tersebut mulai bertambah usia serta sudah mampu mencerna makanan maka, Allah menumbuhkan gigi-giginya yang berguna untuk menggigit, memotong, dan mengunyah makanan. Begitu pun tatkala beranjak remaja Allah memudahkan baginya jalan untuk menuntut ilmu. Namun sebagian besar manusia justru merasa takut ketika mereka sudah dewasa padahal sebenarnya ketika seseorang bertambah usia maka akan bertambah pula rezekinya sesuai dengan apa kebutuhannya bukan malah berkurang, dan hal ini adalah kebodohan yang murni (jahl mahadl).

 

 

Tawakal dalam kehidupan

Allah adalah dzat yang Maha Adil, Dia mempunyai cara yang berbeda-beda dalam memberi rezeki kepada hambanya, dan tidak satupun yang terlewatkan. Sama sekali tidak ada saat orang berilmu (alim) atau ahli ibadah (abid) mati kelaparan karena tidak adanya waktu untuk mengais rezeki, waktunya habis hanya untuk beribadah kepada-Nya. Lebih-lebih seumpama mereka ingin memberi makan suatu kaum. Maka, Allah Swt akan memberikanya. Karena seorang hamba yang hatinya tidak pernah sepi dari Allah, maka Allah pun akan senantiasa bersamanya, serta mencukupi kebutuhannya juga orang-orang di sekitarnya jika hamba tersebut meminta. Seperti halnya cinta kasih seorang ibu kepada buah hatinya.

Allah Swt telah mempersiapkan rezeki bagi hamba-hambanya secara pasti, terlebih bagi hamba yang selalu menyibukkan diri untuk beribadah, walaupun berupa sepotong roti di setiap minggunya. Namun pada umumnya rezeki yang Alllah berikan malah lebih dari apa yang seorang hamba tadi butuhkan. Maka tidak ada alasan lagi bagi setiap hamba untuk meninggalkan tawakal, kecuali jika ia lebih cinta akan kenikmatan dunia seperti pakaian mewah, makanan lezat. Dan hal tersebut bukanlah jalan orang yang ingin menapaki akhirat. Seperti halnya rezeki, kenikmatan hidup di dunia tidak bisa di ukur dari sebuah pekerjaan. Terkadang orang yang tidak mempunyai perkerjaan mapan bisa hidup berkecukupan, begitu pula sebaliknya orang yang mendapat gaji besar tiap bulan, tapi belum bisa hidup nyaman.

Mapannya sebuah pekerjaan tidak bisa menjadi jaminan apa-apa dalam kacamata orang yang mempunyai mata hati (basyirah), alhasil hidup berkecukupan bukan dari apa pekerjaan/profesi seorang hamba, melainkan dari Dzat yang mengatur semua perkara yang ada di langit dan bumi.

Comments

comments

tags: , , , ,

Related For Peran Tawakal Dalam Kehidupan Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *