Orang Pesantren Bikin Usaha Pelayanan Website

Monday, December 26th 2016. | Wawancara

Fleksibel adalah salah satu sifat yang tepat dimiliki oleh seorang santri. Ia bisa bergerak di segala lini dalam kehidupan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri meski setiap hari kenyang dengan ilmu-ilmu agama, bukan berarti santri miskin dalam hal lainya. Bahkan banyak diantara mereka yang justru semakin berkembang di bidang yang  mereka tekuni.

Adalah Ust. Mochamad Cholil Hamzah yang kini telah melebarkan sayap di Jalur IT. Siapa sangka beliau yang berbasic pesantren mampu mendirikan usaha yang bahkan tidak semua pakar IT bergerak dan mampu menekuni usaha ini. Usaha pelayanan Web Hosting dan Jasa Pembuatan Website kini menjadi salah satu sumber pendapatan beliau. Bukan sekedar para blogger yang pandai mengotak-atik blog mereka. Beliau bahkan menyediakan dan melayani segala macam kebutuhan yang diperukan oleh para pemilik web seperti paket hosting, domain, themes dan hal-hal lainya. Beliau membuka jasa pembuatan website berbasic CMS mulai dari website pribadi, lembaga, perusahaan, web iklan (seperti OLX),  hingga toko online dari yang sederhana sampai yang sekelas Tokopedia.

Tampil Elegan; Salah satu situs yang menggunakan jasa beliau

Semua Didapat Dari Langitan

“Alhamdulillah saya nyantri di Langitan”, adalah ungkapan rasa syukur beliau terhadap semua yang dilakukannya sekarang ini. Seluruh kemampuannya di bidang service komputer mulai dari hardware, software, konfigurasi jaringan (kabel dan nirkabel), penguasaan OS (Windows dan Linux Ubuntu) sampai bahasa pemrograman website (PHP, HTML dll) dan web server, semuanya didapat dari apa yang beliau tekuni secara otodidak selama di Langitan.

Berangkat dari coba-coba edit file web yang sudah ada tanpa tahu istilah-istilahnya, hingga akhirnya beliau diminta untuk belajar dan merintis sebuah website resmi Ponpes Langitan pada tahun 2005. Karena  adanya tuntutan tersebut beliau akhirnya berusaha mencari materi dari buku-buku di perpustakaan dan internet secara otodidak untuk menghafal kode-kode aneh seperti html, php, javascript, css dll. Sejak saat itulah beliau mulai mengembangkan kemampuannya di bidang pemrogaman website, sekaligus menangani website pesantren Langitan (www.langitan.net).

 

 

Jatuh Bangun Sebelum Membikin Usaha

Selepas dari Langitan beliau kemudian merintis usaha jasa pembuatan dan design website di situsnya http://bikindesainsitus.web.id. Alasanya, karena memang bidang tersebut sudah beliau kenal sejak di Langitan, sehingga tidak perlu belajar dari nol. Sebelum merintis usaha ini awalnya beliau punya rencana membuka service komputer di rumahnya. Tapi niat itu urung karena terbentur masalah tempat dan dana. Selain itu juga akan sulit dan bahkan lama berkembang karena market kecil.

Beliau juga sempat mencari lowongan via internet untuk freelance web programing atau developert. Tapi begitu melihat persyaratanya, sudah tidak mungkin maju karena harus bersyaratkan d3 komputer, s1 dan lain-lain yang berhubungan dengan ijazah. Pernah juga beliau menawarkan diri ke seorang teman yang membuka kursus komputer untuk menjadi turor atau tukang servicenya. Tapi tawaran itu dianggap angin lalu karena melihat basic beliau yang lulusan pesantren sehingga teman itu meragukannya.

Belajar dari semua pengalaman tersebut, beliau mencoba menarik pandangan bahwa; “jika saya melamar pekerjaan maka mungkin tidak akan pernah berhasil, barang kali bagian saya bukanlah pekerja, tapi memberi pekerjaan alias Bos”. Dengan tekad dan bismillah, beliau akhirnya berhasil merintis sebuah usaha jasa pembuatan webseite, dan setelah berjalan enam bulan bisnisnya merambah ke usaha web hosting. Di samping itu dengan adanya usaha ini, beliau juga dapat menyampaikan apa yang didapat dari pesantren tentang wawasan keagamaan melalui situsnya, sekaligus membantu menyebar dakwah bagi pengguna web lain dari jasa beliau. Dalam hal ini beliau tentunya memegang dawuh Syaikhina yang sering berpesan; “Dadio Kiai nang endi wae“.

 

Produk Unggulan dengan  Fasilitas Lengkap

Semua unit usaha yang beliau kembangkan berada di bawah usaha induknya yakni jasa pembuatan website yang bisa diakses di http://bikindesainsitus.web.id. Beberapa produk yang ditawarkan cukup murah, mulai dengan paket website sederhana seharga 500 ribuan, sampai website dengan template reponsive dan paket hosting yang lebih besar seharga 1,5 juta rupiah. Selain itu ada juga paket toko online. Nah, yang ini cocok bagi anda yang ingin memiliki penghasilan namun tidak ada lapak. Cukup dengan membuka toko online yang nantinya bisa diakses oleh jutaan pelanggan dari seluruh nusantara. Anda hanya tinggal duduk manis di rumah, menerima pesananan, terima uang, lalu kirim barang. Paket toko online yang ditawarkan pun beragam, mulai dari paket basic seharga 500 ribu, sampai paket ultimate dengan fasilitas yang lebih lengkap dan hosting besar seharga 1 juta rupiah. Semua paket website yang beliau tawarkan ini sudah termasuk gratis domain dan hosting pada tahun pertama.

Meski produk yang ditawarkan relative murah, namun ada banyak keunggulan yang tidak semuanya ditemukan di penyedia lain.  Semua Paket yang beliau tawarkan ini menggunakan themes premium original yang terjamin support dan keamanannya, serta valid dalam bahasa pemrograman W3C  (bukan nuled alias bajakan yang membahayakan website kedepannya). Dan untuk hal ini jika membeli di penyedia lain bisa dikenakan harga minimal tiga kali lipat.

 

Usaha Melebar ke Web Hosting

Selain usahanya membuka jasa web design. Beliau juga membuka usaha web hosting di situsnya http://sedudohost.com. Usaha web hosting ini merupakan pengembangan dari usaha jasa web desain yang lebih dahulu dirintisnya. Paket hosting yang ditawarkan pun beragam, mulai dari paket 5 ribuan sampai dengan paket 75 ribu ke atas. Semuanya lengkap dengan Cpanel, Mail Account, Tool Seo, Pop &SMTP, Sub Domain, AddOn Domain, Parked Domain MySQL Database dan lain-lain.

Di usaha Web Hosting ini beliau juga menawarkan berbagai macam domain Tld maupun lokal. Mulai dari [dot]com yang dipatok dengan harga 115 ribu, [dot]net, [dot]org sampai domain local [dot]or[dot]id seharga 60 ribu, dan banyak lagi berbagai macam domain Tld ataupun lokal lainnya. Dalam usahanya tersebut beliau membuka layanan bantuan (24 jam) untuk segala permasalahan teknis mengenai website yang dikelola pelanggan. Mereka juga akan mendapatkan tutorial pengelolaan website, sehingga akan memudahkan pengoprasian secara mandiri.

Usaha yang beliau miliki tidak berhenti sampai di situ saja. Sukses menyalurkan kemampuannya di bidang website, alumni Langitan asal Nganjuk ini rupanya juga mengembangkan usaha agen atau distributor pulsa. Itu pun juga via online yaitu di web http://distributorpulsa.web.id dan http://agenditributorpulsa.web.id. Bisnis ini Juga berkerjasama dengan beberapa alumni Langitan untuk memasarkan produk mereka (secara online). Dan bagi anda yang tertarik dengan produk yang beliau tawarkan, anda bisa mengunjungi situsnya di http://bikindesainsitus.web.id atau langsung melalui akun BBM beliau dengan nomer pin 7E84A0D dan WhatsApp 085648390911.

Sahlul

 

 

 

 

 

 

Comments

comments

tags: , , , , , , , , , , , ,

Related For Orang Pesantren Bikin Usaha Pelayanan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *