Musthofa Bisri Rais Amm Bukan Untuk Diperebutkan

Saturday, April 16th 2016. | Tokoh

 

gus mua

 Musthofa Bisri

Rais Amm Bukan Untuk Diperebutkan

 

Dimulai dalam sela-sela sebuah acara bedah buku “Kiai Bisri Syansuri, Tegas Berfikir, Lentur Bersikap” yang diadakan di gedung PWNU Jatim di Surabaya, KH. Musthofa Bisri atau yang biasa di panggil dengan Gus Mus mengatakan bahwa Rais Amm bukanlah posisi yang layak untuk diperebutkan.

Beliau mengaku bahwa di media massa sekarang sudah beredar dua nama calon rais amm yakni KH. Hasyim Muzadi dan beliau sendiri. Namun, menurut beliau dua nama itu masih belum pas jika di calonkan sebagai pemimpin NU.

“Ada media yang menyebut saya dan Pak Hasyim itu bisa menjadi Rais Aam PBNU. Saya kira penulisnya tidak paham NU, karena saya dan Pak Hasyim disangka top. Padahal, saya dan Pak Hasyim itu tidak ada apa-apanya”. Ujar Kiai yang sekarang menjabat sebagai Rais Amm PBNU tersebut.

Lebih dari itu, Gus Mus kemudian mengajukan dua nama tokoh senior yang sejak mudanya aktif dalam organisasi NU, untuk dicalonkan dalam Muktamar NU di Jombang pada 1-5 Agustus mendatang. Dua nama itu adalah KH. Muchit Muzadi dan KH. Tolchan Hasan.

Dalam acara bedah buku tentang KH. Bisri Syansuri tersebut beliau juga mengingatkan dan bercerita bahwa, dulu Kiai Bisri juga pernah terpilih sebagai Rais Amm atas kesepakatan semua peserta Muktamar. Namun, Kiai Bisri menolak dan menyerahkannya kepada KH. Wahab Khasbullah sebagai anggota yang lebih senior.

Pada waktu itu, muktamirin lebih mendukung Kiai Bisri karena melihat kondisi Kiai Wahab yang sudah udzur dan sulit melihat. Namun, dihadapan semua peserta beliau berjanji tidak akan mau menjadi Rais Amm selagi Kiai Wahab masih hidup. Dan janji itu pun ditepati oleh beliau.

[Hasyim/Ichsan]

 

 

Comments

comments

tags: , , , ,

Related For Musthofa Bisri Rais Amm Bukan Untuk Diperebutkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *