Muhammad SAW. Manusia Sempurna

Friday, September 30th 2016. | Aswaja

hqdefault

 Muhammad SAW. Manusia Sempurna

Adalah Sayyid Muhammad bin Alawi bin Abbas al-Maliki al-Makiy al-Hasani, lautan ilmu yang tak henti-hentinya mengalirkan air ke daerah tandus sekitarnya. Selain aktif mengajar, Sufi yang menjadi kiblat keilmuan abad dua puluh ini tak pernah lelah menciptakan karya demi karya.  Sebagaimana kita ketahui, banyak karangan beliau yang telah dipelajari di beberapa pesantren seperti Mafahim Yajib An Tushohhah(meluruskan kesalahfahaman), Manhallul Lathif  Fi Ulumi al-Hadits(jalan mudah membahas ilmu hadits), Khoshois Umat Muhammad(kekhususan umat Muhammad yang tidak diberikan pada umat lain), Muhammad Sholallahu Alaihi Wasallam al-Insan al-Kamil(Muhammad SAW. manusia sempurna), dan masih banyak lagi karya-karya beliau dari berbagai fan ilmu.

Yang menarik adalah kitab yang di sebutkan terakhir, yaitu Muhammad SAW. al-Insan al-Kamil. Kitab ini menjelaskan Nabi Muhammad dengan segala kesempurnaannya. Kitab ini merupakan isyarat  dari sang muallif bahwa seharusnya manusia yang di kagumi dan diidolakan sepenuhnya adalah baginda Nabi Muhammad saw. bukan para artis atau bahkan para bintang non muslim barat.

Memang Nabi Muhammad adalah satu-satunya manusia sempurna di bumi ini. Seandainya lautan dijadikan tinta, dan pepohonan dijadikan pena untuk melukiskan kesempurnaan beliau maka tidaklah mampu melukiskan dengan sempurna. Sebuah sanjungan manis diucapkan oleh Imam Qurtubi, kesempurnaan pekerti nabi Muhammad belumlah tampak pada kita, seandainya telah tampak, niscaya tidak kuasa mata kita untuk melihatnya.  Maka manusia mana yang berhak dikagumi selain beliau.

Dialah orang yang sempurna batin dan dlohirnya

Terpilih sebagai kekasih Allah pencipta manusia

Dalam kebaikannya, tak seorangpun menyainginya

Sebuah permata kindahan yang yang bisa terbagi-bagi

Dalam kitabnya, Sayyid Maliki berusaha mengupas kepribadian mulia dari sang datuk. Kitab ini merupakan persembahan sekaligus wujud rasa cintanya kepada baginda nabi.

Perlu diketahui, keutamaan nabi Muhammad bukanlah bersumber dari kesukuan fanatisme suku Quraisy. tidak hanya dari kekayaan atau luhurnya nasab beliau keturunan datuk Abdul Mutholib. Akan tetapi setiap tindak lampah beliau, kepribadian sejak kecil saat yatim piatu, mengembala bersama kakek dan paman beliau. Lalu memulai kehidupan mandiri dengan bekerja dengan siti khodijah, hingga akhirnya di utus menjadi nabi yang menyebarkan syari’at islam, dan memimpin sekaligus menjadi teladan bagi para sahabat dalam berjihad, bersabar, bernegoisasi, dan sifat terpuji lainnya.

Bagaimana beliau menerima perjanjian Hudaibiyyah yang jelas-jelas merugikan islam. Para sahabat tidak menyadari hikmah besar tentang apa yang dilakukan Nabi. Beliau mengkwatirkan orang-orang lemah dari golongan islam yang berada di Mekkah, beliau kwatir mereka akan dibunuh karena telah bercampur dengan orang-orang kafir. Dan terbukti, dari negosiasi inilah banyak orang kafir yang masuk Islam. Mereka datang ke Madinah mengakui kebenaran ajaran Islam.

Kesemuanya itu sudah tersaji dalam kitab Muhammad SAW. al-Insan al-Kamil. dengan membacanya, tentu akan menambah rasa kagum dan rasa cinta kepada nabi Muhammad SAW. dan akan menyadarkan kita bahwa tidak ada satupun manusia yang pantas di idolakan kecuali beliau. Kelak, Engkau akan di himpun bersama orang yang kau cintai.

Judul buku        : muhammad SAW. Al-insan al-kamil

Penulis              : Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki

Penerbit                        : Hai’ah as-Shofwah

Tebal                : 339

Peresensi           : Muslimin Sairozi

 

Comments

comments

tags: , , , , , ,

Related For Muhammad SAW. Manusia Sempurna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *