Melihat Lebih Dekat Tempat Shalat Portabel

Tuesday, April 10th 2018. | Uncategorized

  

Salat lima waktu secara berjamaah sangat dianjurkan dalam Islam. akan tetapi seringkali kendala jarak dengan masjid menjadi salah satu alasan orang malas berangkat ke masjid. Apalagi di kota besar. Salah satu solusi untuk menghapus alasan adanya jarak untuk ke masjid adalah dengan mengadakan masjid portabel atau mobile masjid.

Tempat shalat portabel merupakan sebuah inovasi berbentuk minibus Isuzu L300 berwarna hitam berpadu hijau dan putih yang dimodifikasi khusus oleh Yayasan Masjid Nusantara. Di dalam mobil tersebut beberapa peralatan yang cukup banyak untuk membuat masjid di mana pun dan kapan pun.

Isi dari mobil sumbangan dari Rumah Zakat tersebut mengangkut tanki air berkapasitas 5.000 liter yang bisa dimanfaatkan puluhan umat islam untuk berwudhu. Selain itu, ada juga karpet shaf, genset, sound system, mimbar, hingga peralatan pribadi yang bisa dipakai bergantian seperti mukena, sarung hingga sandal jepit untuk wudhu.

Saking lengkapnya, masjid portabel ini bahkan bisa menggelar shalat Jumat yang memiliki syarat harus diikuti oleh 40 orang lebih jamaah. Tidak hanya peralatan untuk shalat saja, masjid keliling ini juga menyediakan imam (pempimpin shalat). Selain itu, armada tersebut dipastikan lebih canggih karena disertai dengan perpustakaan dan jaringan wifi.

Penggagas mobil portabel tersebut adalah Muhammad Sobirin, Direktur Yayasan Masjid Nusantara. Sebagai informasi, Yayasan Masjid Nusantara (YMN) merupakan institusi naungan Rumah Zakat (RZ). YMN adalah institusi pembangun dan masjid professional yang mengajak masyarakat untuk mendirikan masjid dengan tujuan menghadirkan tempat ibadah yang bersih dan nyaman di atas tanah wakaf.

Sementara itu, terkait mobil masjid milik YMN ini sendiri mulai beroperasi sejak tahun 2013 lalu. Dengan adanya mobile Masjid ini, diharapkan YMN dapat memberikan solusi ibadah shalat di lokasi yang jauh dari masjid, seperti lokasi bencana, acara publik, stadiun bola hingga konser musik.

Untuk saat ini masjid portabel baru tersedia dua unit di Kota Bandung dan Jakarta. Sobirin berharap kembali mendapatkan donatur agar bisa menambah armada Mobile Masjid baru agar bisa memenuhi antusiasme masyarakat yang mulai tinggi terhadap keberadaan masjid bongkar pasang ini. Dia punya rencana untuk menambah armada yang memiliki bodi lebih besar agar bisa mengangkut peralatan lebih banyak.

Salah satu kelemahan masjid ini adalah ketika datang hujan. Sebab, masjid portabel ini cuma beratapkan langit. Di sisi lain keberadaan masjid portabel ini belum dibahas secara mendalam dari sudut pandang fikih. Sebab bagaimanapun ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi dalam pembangunan masjid. Maka menjadi PR kita bersama adalah memikirkan solusi agar masjid portabel bisa digunakan dan sah secara fikih.

Comments

comments

tags: , , , , , , , ,

Related For Melihat Lebih Dekat Tempat Shalat Portabel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *