Manipulasi Ijazah

Saturday, May 4th 2013. | Agama, Konsultasi

Hukum memalsukan ijazah
Agus Adib yang Kami hormati, Tuntutan seorang pendidik yang harus memiliki kualifikasi akademik min. S1 menjadikan seseorang mengambil jalan pintas, dengan bekal Ijazah pinjaman akhirnya dia dapat melanjutkan S1. Dia pun mengganti surat-surat pentingnya lainnya dan melegalkan namanya sesuai ijazah yang dipinjam. Bagaimana hukumnya? Mohon Jawabanya. Matur suwun, Terima Kasih. (Zahid, Tuban)

Jawaban:
Bapak Zahid yang kami hormati, tujuan yang baik itu tidak selalu dapat digapai dengan cara yang baik. Kadang hal buruk, amoral dan anarkisme tidak jarang dipergunakan, bahkan sebagai kunci utama untuk mendapatkan keinginan yang secara prinsip baik. Kendati demikian, tidak semua maksud baik itu tidak boleh diraih dengan cara yang tidak baik. Bahkan terkadang diharuskan, jika tujuannya itu wajib terpenuhi.
Kasus manipulasi ijazah –sebagaimana diatas- tidak boleh dilakukan, karena selain dikhawatirkan akan memicu dampak negatif, tindakan tersebut (dalam pandangan syara’) juga tidak berlandaskan alasan yang memperbolehkan.
[Sulam at-Taufiq: 65 & 105, Majmu’ Syarh Muhadzab (IX): 349]

Comments

comments

tags: , ,

Related For Manipulasi Ijazah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *