Majalah Langitan Edisi 74 | Kiai Abbas bin Abdul Jamil

Friday, March 23rd 2018. | Gallery

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Alhamdulillah, ucapan rasa syukur kepada Dzat yang telah memberi kita kehidupan dalam naungan iman dan Islam. Allahumma shalli ‘ala Muhammad, penghormatan kepada Sang Junjungan yang senantiasa kita harapkan syafa’atnya.

 

Pembaca yang budiman,

Majalah Langitan edisi ini hadir dengan tema utama “Kiai Sufi nan Revolusioner”, sebuah ungkapan untuk KH. Abdullah Abbas bin Abdul Jamil yang semasa hidupnya telah menyukseskan pesantren yang diasuh ayahnya. Kiai Abbas merupakan kiai kharismatik, yang dikenal karena ketinggian derajat intelektual dan spiritualnya, serta kekuatan ilmu kanuragan yang menjadikan beliau sebagai salah satu rujukan dalam perang kemerdekaan.

Kiai Abbas, dikenal sebagai Angkatan Udara Nahdlatul Ulama yang meluluh-lantakkan beberapa pesawat tempur tentara NICA dalam perang heroik di Surabaya, November 1945. Uniknya, Kiai Abbas menggunakan bakiak, tasbih dan butiran pasir sebagai senjata untuk merontokkan pesawat tempur musuh.

Sewaktu kecil, sang ayah mendidiknya dengan sangat perhatian. Diceritakan bahwa ktika Kiai Abbas ingin meminta uang jajan, maka ia harus menyetorkan beberapa hafalan dengan lancar diluar kepala.

 

Pembaca yang budiman,

Selain ulasan di atas, kami juga menyajikan beberapa rubrik menarik lainnya, seperti Keutamaan Sabar dalam kajian Tasawuf, Al-Hakam dan Sejarah Mesir dalam rubrik Khazanah, Amal Bukan Tempat Bersandar, serta beberapa rubrik lain yang tentu dapat diambil ‘ibrah dan manfaatnya.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

 

 

Comments

comments

tags: , , , , , , ,

Related For Majalah Langitan Edisi 74 | Kiai Abbas bin Abdul Jamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *