Majalah Langitan Edisi 55 (‘Faqih’ Modern Dari Indonesia)

Wednesday, May 14th 2014. | Gallery

10373850_625978560820136_2345568581799656464_nAssalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT, Penguasa semesta alam. Shalawat serta salam semoga tetap terhatur kepada panutan kita, Muhammad SAW.

 

Pembaca yang budiman.

Ada beberapa nama yang bisa disebut sebagai tokoh Kitab Kuning Indonesia. Sebut misalnya, Syaikh Nawawi al-Bantani, Syaikh Abdul Shamad al-Palimbani, Syaikh Yusuf Makasar, Syaikh Syamsudin Sumatrani, Syaikh Nuruddin al-Raniri, Syaikh Ihsan al-Jampesi, dan Syaikh Muhammad Mahfudz at-Tirmasi. Mereka adalah ulama salaf yang menjadi panutan dalam berkarya.

Nah, jika berbicara ulama kontemporer yang produktif dalam berkarya, KH. Muhammad Ahmad Sahal bin Mahfudz adalah tokohnya. Pengasuh Pondok Pesantren Maslakul Huda Kajen, Pati, Jawa Tengah ini dikenal sebagai sosok sederhana dengan karya yang mendunia.

Kiai Sahal (sapaan KH. Muhammad Ahmad Sahal bin Mahfudz), selain ditunggu-tunggu fatwanya oleh umat, ditunggu pengajian oleh santri-santri, juga ditunggu-tunggu gagasan produktifnya. Ibarat pohon, beliau memiliki berbagai manfaat dan khasiat. Satu bentuk namun memiliki berbagai dimensi. Tak ayal, beliapun disebut sebagai ahli fiqih modern Indonesia.

Maka tidak heran jika berbagai kesibukan memadati agendanya.Selain menulis ratusan risalah makalah ilmiah, baik yang berbahasa Indonesia maupun Arab, juga aktif di berbagai usaha pemberdayaan masyarakat. Simak biografi dan kiprah Kiai Sahal selengkapnya di rubrik Jejak Utama.

 

Pembaca yang budiman.

Selain tema utama di atas, MATAN edisi ini juga hadir dengan beberapa rubrik menarik lainnya, seperti problematika dalam hutang-piutang, berziarah sekaligus menapaktilasi perjalanan dakwah Sayid Ulama Hijaz, Syaikh Nawawi al-Bantani di Makkah al-Mukarramah. Juga bisa Anda simak liputan khusus dari Konferesni Ulama Internasional di Situbondo. Dan masih banyak rubrik lain yang sayang untuk dilewatkan.

Selamat membaca, semoga bisa mengambil manfaat.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Comments

comments

tags: , , , , , , , , , , , ,

Related For Majalah Langitan Edisi 55 (‘Faqih’ Modern Dari Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *