LTN Langitan Secara Resmi

Wednesday, January 1st 2014. | Keluarga

LTN Langitan Secara Resmi

Luncurkan Induk Seri Penerbitan Langitan (ISPL)

 

Setelah melalui beberapa proses dan kajian, akhirnya Lajnah Ta’lif wan Nasyr (LTN) Langitan secara resmi mengeluarkan Induk Seri Penerbitan Langitan (ISPL). Produk ini muncul selain sebagai respon atas semakin banyaknya karya-karya keluarga, santri, dan alumni Pesantren Langitan, juga dimaksudkan untuk mewujudkan keinginan al-Maghfurlah Syaikhina KH Abdullah Faqih. Beliau memiliki keinginan agar kelak terdapat satu ruangan khusus yang berisi tentang karya-karya keluarga, santri, dan alumni Langitan.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua LTN purna bakti, Ustadz Saiful Huda, bahwa beliau memang pernah menyampaikan hal itu kepada pengurus LTN. Karya-karya tersebut merupakan asset dan juga bukti bahwa Pesantren Langitan memiliki kekayaan intelektual yang membanggakan dari waktu ke waktu. Karya-karya itu pula yang semakin memudahkan masyarakat luas untuk membaca pemikiran Langitan.

 

Menjadi Badan Sensor dan Pusat Data

Di tengah-tengah waktu semakin menggeliatnya penulisan di Pesantren Langitan, ada kebahagiaan tersendiri bagi lembaga yang didirikan oleh KH Muhammad Nur ini. Tapi di sisi lain ada semacam kegelisahan tentang mutu dan potensi lain yang tidak semuanya positif. Untuk itu, LTN mencoba mengadakan berbagai kajian tentang isi (content) dan potensi lain atas seluruh penerbitan Langitan.

Kajian isi bertujuan untuk menilai, apakah mutu penerbitan suatu karya sudah benar atau belum. Jika sudah benar maka karya tersebut berhak untuk dipublikasikan. Dan jika belum maka karya tersebut harus direvisi sehingga bisa sesuai dengan standart yang telah ditetapkan.

Sedangkan analisis potensi lain untuk menimbang tentang manajemen pengelolaan penerbitan. Siapakan yang akan mencetak, mendistribusikan, dan lain sebagainya. Jika diterbitkan oleh organisasi di bawah lembaga pesantren, maka kemanakah laporan perkembangan distribusinya. Jika diterbitkan atas nama pribadi, maka harus menetapi perizinan dan aturan yang telah disepakati bersama. Termasuk aturan retribusi (pajak) sebagaimana yang telah di atur dalam AD/ART Pesantren Langitan.

Jika melihat dua fungsi di atas, maka sementara ini ISPL memiliki dua fungsi, yaitu: sebagai sistem sensor kelayakan dan sebagai pusat data.

 

Bukan untuk Mengekang Kreativitas

Munculnya ISPL bukan berarti membuat ribet kepenulisan di Langitan. Apalagi dianggap sebagai pengekangan kreativitas karena adanya beberapa syarat untuk mengajukan perolehan ISPL. Justru dengan adanya ISPL maka akan ada kodifikasi dan pendataan karya Pesantren Langitan.

Adapun syarat perolehan ISPL adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi format yang disediakan LTN yang berkaitan dengan identitas karya.
  2. Memiliki kejelasan penerbitan, artinya di terbitkan organisasi atau komunitas tertentu, semisal: LBM, OSIS, ISMA, lulusan kelas tiga, atau pribadi.
  3. Jika diterbitkan oleh organisasi atau komunitas maka harus menunjuk koordinator yang bertanggungjawab atas semua proses dan penerbitan. Team penerbit harus mempunyai mushahhih (reader proof) yang terdiri atas asatidz langitan, alumni, atau pihak lain yang berkopenten. Ini sangat penting, karena sekali mengatasnamakan Pesantren Langitan maka secara isi harus bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Nah, mudah kan. Jadi dengan adanya ISPL bukan berarti LTN ingin membatasi karya tapi justru ingin mengajak bersama seluruh elemen Pesantren Langitan untuk memajukan dunia tulis menulis. Bahkan LTN telah membentuk team konsultan media, dengan spesifikasi:

  1. Konsultan bidang penulisan
  2. Konsultan bidang editing
  3. Konsultan bidang desain
  4. Konsultan bidang tata letak dan artistik
  5. Konsultan bidang pencetakan, dan
  6. Konsultan bidang pemasaran

Semoga layanan di atas bisa meningkatkan kualitas kepenulisan yang ada di Pesantren tercinta Langitan.

Tuban, 1 Januari 2014

Ketua LTN Langitan

Muhammad Hasyim

Comments

comments

tags: , , , , ,

Related For LTN Langitan Secara Resmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *