Komunitas Muslim Indonesia Dakwahkan Islam di Belanda

Monday, September 28th 2015. | Dunia Islam

 komunitas muslim

Terdapat fenomana menarik diperlihatkan oleh kaum muslimin Indonesia di Negeri Belanda. Selain berbagai macam kegiatan Islam yang diselenggarakan di sana, kemajuan perkembangan Islam pun meningkat pesat. Seperti yang dilakukan oleh Stichting Generasi Baru (SGB), satu dari sekian komunitas muslim Indonesia di Negeri Kincir Angin ini aktif mensyiarkan kegiatan-kegiatan agama, terutama pada bulan Ramadhan kemarin.

Pada saat acara buka puasa bersama di SGB Utrecht kemarin, ada pemandangan yang menarik di mana seorang pemuda Belanda yang masih berusia 21 tahun mengucapkan 2 kalimat syahadat di hadapan para jamaah. Fenomena masuk Islamnya orang-orang Belanda seperti ini terjadi setiap tahun. Menurut data yang ada, pada tahun 2010 sudah ada 14.000 orang Belanda yang masuk Islam. Angka ini terus naik karena setiap tahunnya ada sekitar 600 orang Belanda memeluk agama Islam. Menariknya, orang-orang Belanda yang masuk Islam ini adalah mereka yang masih berusia antara 18 sampai 25 tahun.

Stichting Generasi Baru (SGB-Utrecht) merupakan organisasi yang masih baru, yang didirikan oleh delapan keluarga muslim Indonesia yang bekerja dan menetap di Utrecht pada tahun 2008.  Menurut ketua SGB-Utrecht,  Supardi Hasanuddin, tujuan pendirian organisasi ini adalah untuk membangun  sebuah masjid Indonesia pertama di Kota Utrecht. Lewat organisasi ini, mereka mengupayakan bahwa SGB menjadi wadah perekat tali persaudaraan dan silaturrahim antara masyarakat muslim Indonesia di Utrech, sekaligus membantu warga Indonesia dalam proses integrasinya di Belanda lewat kegiatan-kegiatan budaya dan sosial kemasyarakatan yang diadakan melalui kerjasama  dengan masyarakat dan pemerintah setempat.

Sahal Yasin

Comments

comments

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related For Komunitas Muslim Indonesia Dakwahkan Islam di Belanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *