KERUSAKAN AKIBAT PERGAULAN BEBAS

Thursday, April 5th 2018. | Uncategorized

 

Pergaulan bebas (ikhtilath) antara laki-laki dan perempuan di era ini seakan-akan menjadi fenomena yang biasa terjadi di masyarakat. Lebih parahnya lagi, pergaulan tersebut di dominasi oleh kalangan generasi penerus muda-mudi bangsa ini yang notabenya mereka merupakan aset berharga buat penerus perjuangan di masa depan.

Menghayati lebih dalam atas ajaran Rasulullah saw. Risalah Islam telah membingkai dengan cantik perihal etika pergaulan antara pria dan wanita. Batas-batasan pergaulan yang ditetapkan dalam agama Islam tidak hanya mendatangkan kemaslahatan buat individu pria dan wanita sendiri, melainkan juga kemaslahatan menyeluruh bagi masyarakat dan generasi penerus (anak-anak) mereka kedepannya. Pemahaman dasarnya, segala apa yang telah disyari`atkan oleh Allah swt dan ditetapkan oleh Nabi Muhammad saw dalam agama ini pasti mengajak kita kepada unsur kemaslahatan yang melimpah berkah.

Berbicara tentang Etika Pergaulan dalam Islam, Imam Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Rasulullah saw. Beliau bersabda:

“Janganlah salah seorang dari kamu menyepi (berduaan) dengan seorang perempuan kecuali Bersama mahramnya”

Dalam redaksi lain Imam Ahmad meriwayatkan, Nabi saw. bersabda: “Janganlah salah seorang diantara kamu ……. “(Al hadits)

Hadits diatas mengajarkan kepada kita tentang etika pergaulan dalam Islam. Dalam bergaul, agama Islam menyuguhkan makna kasih sayang luar biasa lebih-lebih buat si wanita. pengamalan terhadap hadits di atas menggambarkan adanya sosok mahram yang setia mendampingi wanita pada kondisi apapun dan dimanapun tempat si wanita berada. Pendampingan oleh mahram mampu mendatangkan rasa aman dan nyaman terhadap diri si wanita. Sehingga kehormatan si wanita pun akan tetap terjaga.

Selain mengajarkan makna kasih sayang yang mendalam, hadits diatas juga mengandung unsur penting lainnya yakni mencegah terjadinya kebobrokan moral yang diakibatkan oleh pergaulan bebas antara pria dan wanita. Banyak eksperimen di berbagai belahan dunia yang telah membuktikan efek atau dampak negatif dari kebebasan bergaul antara pria dan wanita. Bahkan lebih jauh lagi, pergaulan bebas antara pria dan wanita ini lebih lanjut disinyalir akan dapat mengancam eksistensi masyarakat di seluruh belahan bumi.

Fakta pertama datang dari Amerika. George Palucy dalam bukunya “Gejolak Seksual” Ia menulis, di tahun 1962, Presiden Amerika John F. Kenedy mengatakan bahwa masa depan Amerika berada pada titik bahaya. Hal tersebut datang dari fakta lapangan yang mengatatakan 6 dari 7 pemuda A.S. yang ikut wajib militer tidak memenuhi syarat karena dominasi nafsu Syahwat mereka membuat mereka gagal dalam tes kesehatan dan psikololgi wajib militer. Banyak para pemuda di tahun itu yang telah hanyut, rusak terjebak dalam nafsu syahwat yang diakibatkan oleh pergaulan bebas yang tak terkontrol. Bagaimana negara bisa aman jika pemudanya masih terbius dengan nafsu syahwat akibat pergaulan bebas yang merajalela?

Fakta kedua datang dari Lebanon, salah satu surat kabar di Lebanon melansir bahwa pergaulan bebas antara siswa dan siswi di sekolah maupun di Universitas, menyebabkan 60% dari mereka tidak lulus ujian. Hal ini disebabkan karena yang difikirkan oleh mereka bukanlah tentang bagaimana mendapatkan hasil ujian yang bagus, justru yang ada dibenak mereka adalah bagaimana menyikapi urusan cinta dengan lawan jenis mereka masing-masing. Bagaimana Pendidikan di suatu negara bisa maju jika yang dipikirkan mereka hanyalah urusan cinta akibat pergaulan bebas yang dilakukan?

Fakta ini sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Dr. Alexis Carlial. Ia mengatakan bahwa ketika nafsu seksual seseorang bergejolak, ia mengeluarkan sejenis zat yang merembes ke dalam darah. lalu ke otak dan langsung membius. Hal inilah yang menyebabkan dia sulit berfikir secara jernih. Oleh karenanya para pecinta dan penggalak seks bebas akan terbelenggu oleh syahwat mereka dan susah menggunakan akal sehat.

Komisi Investigasi Kejahatan Usia Remaja yang mengadakan kongres di Amerika juga menyimpulkan hal yang sama. Bahwa pergaulan seks bebas mendulang angka kejahatan yang tidak sedikit. Bahkan dikatakan penyebab kejahatan muda-mudi adalah karena semakin massif dan tersetrukturnya pergaulan bebas laki-laki dan perempuan.

Dari berbagai uraian diatas, marilah kita menjaga etika bergaul yang telah digariskan dalam ajaran agama Islam. Pria fokus mengasah dirinya dengan kegiatan produktif di luar rumah dengan tanpa melirik atau bahkan bergaul dengan non mahram nya. Di sisi lain, para wanita teguh dalam menjaga kehormatannya dengan tidak melakukan aktifitas keluar rumah dengan tanpa didampingi oleh mahramnya. Mereka fokus mambangun keharmonisan di internal keluarga sembari intens dalam mendidik anak-anak bangsa agar sukses menjadi generasi emas yang berkarakter di masa depan.

Semoga Allah mempermudah kita semua dalam bergaul secara Islami sesuai dengan apa yang digariskan-Nya dan dicontohkan oleh Nabi Saw tercinta. wallahu a`lam.

 

Comments

comments

tags: , , , , , , ,

Related For KERUSAKAN AKIBAT PERGAULAN BEBAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *