Kepastian Makam Baginda Nabi Saw – Jawaban atas Tuduhan Palsu

Sunday, April 29th 2018. | Uncategorized

Sebagian dari kita kurang menyadari tentang keutamaan umat Muhammad Saw. Allah al shamad memberi anugerah dan kemuliaan kepada umat ini dengan kejelasan atau kepastian letak tanah peristirahatan junjungan Nabi Muhammad Saw. Itulah mengapa, pesarean yang ada di Madinah diyakini banyak orang sebagai tempat beliau menghembuskan nafas terakhirnya. Sebagaimana nabi lainnya, beliau juga dimakamkan di sana.

Kapan pun dan dalam keadaan apa pun kita bisa berziarah ke makam beliau guna bertawassul, membaca shalawat, dan ber-muwajjahah dengan orang yang diidamkan selama ini. Jika kita menghadap beliau, maka beliau melihat kita dengan jelas. Bila kita membaca salam dan shalawat, maka beliau menjawab salam dan mendoakan kita.

Ini merupakan khasais atau keutamaan umat Islam. Berbeda dengan umat-umat terdahulu yang tidak bisa menemukan secara pasti makam nabi mereka. Beliau bersabda, ”Barang siapa yang berhaji, lalu berziarah ke kuburku setelah aku mati, seakan dia berziarah saat aku masih hidup.”

Dengan kepastian makam nabi, umat Islam rela menanggung biaya perjalanan yang tidak kecil demi menuju ke makam beliau. Sikap ini didasarkan pada hati yang penuh keyakinan bahwa nabi berada di tempat tersebut yang sekaligus sebagai hujrah beliau, rumah istri beliau, serta pertamanan suci beliau.

Melalui syairnya, Ibnu Hajar berkata, “Dan makam-makam mereka tidak diketahui secara pasti di bumi mana, berbeda dengan makam Baginda Rasul Saw.”

Imam Malik berkata kepada imam Mahdi, “Wahai Amirul Mukminin, sekarang engkau memasuki kota Madinah. Maka engkau akan bertemu kaum di sisi kanan dan kirimu. Mereka adalah anak-anak sahabat Muhajirin. Ucapkan salam kepada mereka, karena tidak ada kaum yang lebih baik di muka bumi ini ketimbang penduduk Madinah, dan tidak ada kota yang lebih baik dari pada Madinah.”

Amirul Mukminin segera menimpalinya, “Bagaimana kamu bisa berkata seperti itu, hai Abu Abdillah?”. Beliau menjawab, “Karena tidak diketahui secara pasti makam seorang nabi pada hari ini, kecuali makam nabi Muhammad Saw. Dan karena makam nabi Muhammad di sekitar mereka, maka sayogyanya bisa diketahui keutamaan mereka atas kaum lainnya”.

Makam Baginda Nabi adalah tempat yang berlimpah rahmat. Tak heran jika umat Islam yang berziarah ke sana akan mendapat banyak loberan rahmat tersebut. Tujuh puluh ribu malaikat turun pada siang hari, dan tujuh puluh ribu lainnya turun pada malam harinya guna membaca shalawat kepada beliau.

[Muslimin Syairozi]

 

Comments

comments

tags: , , , , , , ,

Related For Kepastian Makam Baginda Nabi Saw – Jawaban atas Tuduhan Palsu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *