Kaum Nahdliyin Wujudkan Islam Santun di Eropa

Sunday, September 27th 2015. | Dunia Islam

bhtsul-masalil

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama’ (PCINU) Maroko dan Belanda, beserta Persatuan Pemuda Masyarakat Eropa (PPME) telah menjalin hubungan kerja sama demi mewujudkan dakwah Islam santun di Negeri Eropa.

PPME dan PCINU Belanda memohon agar PCINU Maroko untuk berkenan mengirim kader terbaiknya ke Belanda pada bulan Ramadhan lalu. Hal ini dilakukan karena  kebutuhan yang mendesak akan dai Nusantara untuk masyarakat Muslim Indonesia dan Belanda.

Diantara kegiatan yang telah mereka lakukan adalah Bahtsul Masail yang sudah dilaksanakan dua kali. Terdapat momentum istimewa pada bahtsul masail kali kedua yang dilaksanakan pada 16 Juli 2015 di Amsterdam, Belanda, di mana Bahtsul Masa’il dikuti oleh para peserta dari beberapa negara di Eropa dan Mediterania dengan telekonferensi via Skype.

Rais Syuriah PCINU Maroko H Alvian Iqbal Zahasfan mengaku sangat bangga dengan suksesnya berbagai kegiatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa saat ini PCINU Belanda dan PCINU Maroko telah menyepakati kerja sama pada bidang pertukaran ilmu agama, informasi, dan diskusi ilmiah dengan melakukan kunjungan langsung ke Maroko dan sebaliknya secara berkala. Tepatnya setiap musim liburan. Kerja sama ini bertujuan untuk menambah wawasan dan memberikan informasi yang terdapat di dua negara tersebut. Baik segi budaya, agama dan khususnya tradisi Maroko yang memilki banyak kesamaan dengan tradisi amaliyah NU.

Sahal Yasin

Comments

comments

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related For Kaum Nahdliyin Wujudkan Islam Santun di Eropa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *