Hukum Berobat dengan Semut Jepang dan Kumbang Arab

Friday, January 29th 2016. | Agama

Rubrik Masail diasuh oleh KH. Qohwanul Adib Munawwar

Memuat segala pertanyaan seputar masail diniyah (permasalahan keagamaan)

yang bisa dikirim lewat surat, e-mail, atau pun SMS ke 081 234 01 5001

 

semut-jepang -2

Berobat dengan Semut Jepang dan Kumbang Arab

 

Pertanyaan

Assalamualaikum Wr. Wb. Bapak Kiai Qohwanul Adib, saya mau bertanya: masyarakat sekarang terbiasa mengonsumsi semut jepang atau kumbang arab sebagai obat. Mohon penjelasannya. Atas jawabannya disampaikn terima kasih.

Alim (Plumpang)

 

Jawaban          

Wa’alaikum salam Wr.Wb. Akhir-akhir ini, pengobatan dengan semut jepang mulai marak. Semut ini diyakini mampu menyembuhkan beberapa penyakit, semisal asam urat, stroke, diabetes, dan lainnya. Bahkan, pemesanannya sudah bisa melalui online. Terkadang semut ini dijual dalam bentuk kapsul dan terkadang masih berupa semut. Cara konsumsinya pun berbeda-beda, ada yang setiap hari dan ada yang beberapa hari sekali.

Sebagaimana pertanyaan Majalah Langitan edisi 59, pengobatan dengan benda najis selain khamr atau arak diperbolehkan menurut mayoritas ulama’. Sebagian pengikut Imam Syafi’i membolehkan hal ini. Syaratnya, orang yang berobat tahu tentang pengobatannya atau disertai lisensi dari dokter. Juga tidak ada alternatif lain berupa benda suci yang manfaatnya sebanding dengan benda tersebut.

Sedangkan mengenai sabda Nabi Saw, لم يجعل الله شفاء أمتي فيما حرم عليها , (Allah tidak menjadikan obat bagi umatku pada perkara haram). Maka sebagian ulama’ menjelaskan bahwa perkara haram tersebut adalah arak. Adapun sebagian ulama’ mengartikan keharaman tersebut bila ditemukan obat yang lain. Dengan demikian, bila tidak menemukan obat yang lain, maka hukumnya tidak haram.

Referensi: Hasyiyah I’anah At-Tholibin[4]:106. Hasyiyah Al-Bajuri[2]:101. Al-Majmu’ [9]:51.

 

 

 

 

Comments

comments

tags: , , , , , , , , , , ,

Related For Hukum Berobat dengan Semut Jepang dan Kumbang Arab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *