Hilangnya Iman dari Seorang Muslim

Wednesday, February 10th 2016. | Hadist

iman

Oleh: KH. Ahsan Ghozali. MA.

Sebuah fenomena di mana Islam hanya tinggal sebuah nama, akan benar-benar terjadi, atau bahkan sekarang memang sudah terjadi. Melihat begitu banyak pembantaian terhadap sebagian penduduk negara Islam, tetapi negara-negara Islam yang lain tetap adem ayem, tidak ada rasa kepedulian yang berarti.  Padahal umat Islam itu bagaikan anggota badan, jika salah satu anggota badan terluka, maka anggota yang lain juga ikut merasa sakit.

Pada saat ini kerusakan akhlak dan moral manusia semakin menjadi, yang tak lain adalah disebabkan iman kaum muslimin yang semakin melemah. Bahkan sampai-sampai iman itu hilang dari hati mereka, akibat dari rasa cinta terhadap dunia dan tergila-gila untuk memenuhi nafsu dan hasrat  pribadi, meskipun harus menyebabkan  kerugian dan penderitaan bagi kaum mukmin lain, baik yang dekat maupun yang jauh.

Kemunafikan seolah sudah menjadi wajar adanya, dan urusan agama hanya sekedar formalitas belaka. Secara fisik masih banyak orang yang memakai baju kebesaran Islam, yaitu dengan melakukan perbuatan yang seolah Islami, dan kata-katanya yang mengandung dalil-dalil agama, tetapi sebenarnya hati mereka kosong, tidak terdapat sedikitpun iman di hati mereka.

Fenomena di atas telah diinformasi oleh Rasulullah Saw kepada kita satu setengah abad yang lalu. Di antaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Hakim dalam kitab At Tarikh, dari Abdullah bin Umar, bahwasanya Rasulullah Saw bersabda :

 

سيأتي على الناس زمان مايبقى من القرآن إلا رسمه ولا من الاسلام إلا اسمه، يتسمون به، وهم أبعد الناس منه،

مساجدهم عامرة وهي خراب من الهدى، فقهاء ذلك الزمان شر فقهاء تحت ظل السماء منهم خرجت فتنة وإليهم تعود

Akan datang pada sekalian manusia suatu zaman, di mana Al Qur’an hanya tinggal berupa tulisan, dan Islam hanya tinggal sebuah nama, banyak orang yang menyebut dirinya Islam, sementara mereka adalah orang yang paling jauh dari Islam. Masjid-masjid mereka terlihat ramai, tetapi hampa dari petunjuk. Pemuka agama pada zaman itu adalah seburuk-buruk pemuka agama, banyak terjadi fitnah akibat ulah mereka, yang akhirnya fitnah itu kembali kepada mereka pula.”

Imam Ad Dailami juga meriwayatkan hadits dari Ibnu Umar, bahwasanya Rasulullah Saw telah bersabda :

سيأتي على الناس زمان يصلي في المسجد منهم ألف رجل أو زيادة لا يكون فيهم مؤمن

 

“Akan datang pada sekalian mausia suatu zaman, di mana ada sekitar seribu orang laki-laki atau lebih yang melakukan shalat di masjid, melainkan tidak ada satupun dari mereka yang beriman (sempurna).”

Di dalam kitab Hilyah, Imam Thabrani dan Imam Abu Nu’aim juga meriwayatkan sebuah hadits, bahwasanya Rasulullah Saw telah bersabda :

يؤذن المؤذن ويقيم الصلاة قوم وما هم بمؤمنين

“Adzan dikumandangkan oleh seorang muadzin, dan shalat didirikan oleh sekelompok kaum, namun di antara mereka tidak ada yang beriman (sempurna).”

Imam Hakim dalam kitab Mustadrok, meriwayatkan hadits dari Sufyan, dari A’masy, dari Khoitsamah, dari Abdullah bin Amr bin Ash :

يأتي على الناس زمان يجتمعون في المساجد ليس فيهم مؤمن

“Akan datang pada sekalian manusia suatu zaman, di mana banyak orang berkumpul di masjid, melainkan mereka sama sekali tidak beriman (sempurna).”

Imam Abu Syu’aib Al Haroni dalam kitab Fawaid meriwayatkan hadits melalui jalur sanad Al Fudlail bin ‘Iyadl dari A’masy :

يأتي على الناس زمان يحجون ويصلون ويصومون وما فيهم مؤمن

“Akan datang pada sekalian manusia suatu zaman, di mana mereka menunaikan ibadah haji, mendirikan shalat dan melaksanakan puasa, akan tetapi mereka tidak ada yang beriman (sempurna).”

Imam Ahmad dalam kitab Musnad meriwayatkan hadits dari Jabir bin Abdullah, beliau mengatakan bahwasanya beliau telah mendengarkan Rasulullah Saw bersabda :

إن الناس دخلوا في دين الله أفواجا وسيخرجون منه أفواجا

“Sesungguhnya manusia telah masuk agama Islam dengan berbondong-bondong, dan kelak mereka akan keluar dari agama Islam dengan berbondong-bondong pula.”

 

Comments

comments

tags: , , , ,

Related For Hilangnya Iman dari Seorang Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *