Candaan Muktamar “Sarung Merah Pak Presiden”

Friday, August 26th 2016. | Refleksi

gus ipul

Sarung Merah Pak Presiden

Ada yang istimewa saat pembukaan Muktamar ke 33 di Jombang lalu. Presiden memakai sarung merah dengan motif kotak-kotak. Gus Ipul dengan gaya khasnya, saat sambutan sebagai panitia kemudian berkelakar “Ada yang baru dari bapak presiden, yakni beliau memakai sarung. Beliau memakai sarung adalah karena menghormati NU, dan saya memakai celana adalah karena menghormati Presiden”. Kata wakil Gubernur Jawa Timur yang pada saat itu memang memakai celana dan disambut oleh tawa renyah para hadirin.

download (2)

Hukum Bom Bunuh Diri

Suatu saat, Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Pimred Majalah Cahaya Sufi-Jakarta) bertanya kepada seorang guru besar yang ada di Al-Azhar tentang bagaimanakah hukumnya bom bunuh diri. Dijawab oleh syekh “Kamu mau ngebom dimana? Mau ditempat maksiat?”. Dr. Luqman pun diam. “Kalau kamu ngebom ditempat maksiat, berarti orang-orang yang kamu bom itu mati dalam keadaan maksiat dan mereka akan masuk neraka. Apa kamu rela jika mereka masuk neraka?! Jika kamu rela maka kamu akan sama saja dengan iblis” kata syekh melanjutkan. “Hal itu sebagaimana yang diceritakan oleh beliau sendiri dalam acara seminar Forum Ulama Internasional di aula Universitas IAIBAFA, Tambak Beras, Jombang, pada hari ke-2 dari pelaksanaan Muktamar NU Ke-33, Ahad 02 Agustus 2015 M.

kiai lukman hakim

Takut Ditanya Malaikat

Dalam acara yang sama, dengan pembicara Gus Candra Malik, beliau bercerita bahwa dulu ada seorang warga nahdliyin yang pergi ke Muktamar karena takut ditanya oleh malaikat. Ia adalah warga miskin. Maka warga tersebut mengumpulkan uang yang ia sisihkan dari penghasilannya untuk pergi mengikuti Muktamar. Saat ditanya, ia menjawab bahwa ia melakukan itu semua karena takut ditanya oleh malaikat. Ia takut kalau ditanya, “Kamu mengaku orang NU, tapi apa kamu pernah menghadiri Muktamar NU?”.

 

 

 

Comments

comments

tags: , , , , , , , , , , ,

Related For Candaan Muktamar “Sarung Merah Pak Presiden”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *