Batas Shalat Jenazah

Tuesday, February 9th 2016. | Agama

Rubrik Masail diasuh oleh KH. Qohwanul adib Munawwar

Memuat segala pertanyaan seputar masail diniyah (permasalahan keagamaan)

yang bisa dikirim lewat surat, e-mail, ataupun SMS ke 081 234 01 5001

cara-mengerjakan-shalat-jenazah-lengkap

Batas Sholat Jenazah

Pertanyaan

Assalamu’alaikum Wr.Wb. KH. Qohwanul Adib yang kami hormati, selepas sma, teman-teman saya banyak yang merantau, setelah lama, ternyata ada satu teman yang sudah meninggal, terus saya ingin menshalati mayyitnya yang sudah di kuburkan, bagaimana menurut Kiai? Terima kasih jawabannya.

+628826431xxxx

 

Jawaban

Wa’alaikum salam Wr.Wb. saudara yang juga kami hormati, hukum dari sholat jenazah adalah wajib kifayah, jika sudah ada satu orang yang mensholati, maka sudah menggugurkan kewajiban yang lain. namun sebagai seorang sahabat tentunya anda merasa menyesal kalau sampai tidak sampai mensholatinya, karena itulah bentuk kebaikan terakhir kita kepadanya.

Namun jangan kwatir, mengenai batas akhir sholat jenazah terdapat beberapa pendapat. Ada  yang mengatakan batasnya hanya tiga hari. Ada yang berpendapat satu bulan, rasulullah pernah mensholati seorang sahabat yang telah di semayamkan selama satu bulan lamanya. Ada juga yang mengatakan batasnya selagi jasadnya belum rusak, bahkan ada yang sampai selamanya.

namun dengan catatan, saat mayyit meninggal anda adalah orang yang ahli atau sah melakukan sholat jenazah. Jika bukan ahlinya maka tidak sah, semisal para ulama’ yang telah bertahun-tahun meninggal, saat itu kita belum baligh atau bahkan belum terlahirkan, maka tidak sah kita mensholati jenazah mereka. Sedangkan mengenai batas tempat untuk sholat ghoib, adalah selama tidak dalam satu kota/kelurahan meskipun jaraknya kurang dari jarak diperbolehkannya qashar. Ada juga pendapat yang hanya mempertimbangkan masyaqatnya. Meskipun dalam satu kota kalau masyaqat  tetap diperbolehkan sholat ghoib.

Refrensi: Nihayatuz zain[1]:160. Asnal Matholib [1]:322. Subulus salam[1]:480-481. I’aanah at-thaalibin[2]:133.

Comments

comments

tags: , , ,

Related For Batas Shalat Jenazah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *