Al-Qur’an Diiringi Oskestra

Saturday, September 26th 2015. | Qur'an

Al-Qur’an Diiringi Oskestra

Kreativitas yang sangat tidak pantas di banggakan. Entah siapa dalangnya, dalam dunia maya tersebar dua video sebuah pementasan yang sangat tidak layak dipertontonkan atau bahkan dilakukan. Video itu adalah Bacaan al-Qur’an yang diiringi orkestra, dan membaca al-Qur’an di’koir’kan.

Mencampur antara perkara yang hak dan yang bathil jelas diharamkan, bukan hanya alat musiknya yang di haramkan, bahkan membaca al-Qur’annya juga haram dan tidak mendapat pahala secara ‘aridli (adanya kontaminasi hal baru). Unsur menghilangkan kaedah tajwid, bernafas ditengah ayat, dan menempatkan al-Qur’an pada keadaan yang haram adalah ‘aridlinya. Bahkan kita lihat, para pembacanya adalah para wanita yang membuka aurat. Allah SWT. berfirman, dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil, dan janganlah kamu menyembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahuinya.(Al-Baqarah:42).

Bahkan jika hal itu dianggap sebagai pelecehan terhadap al-Qur’an, maka ulama’ sepakat hukumnya adalah kafir. al-Qodli Iyadh dalam Syarah Asy-Syifa’ berkata,” Ketahuilah bahwa orang yang melecehkan mushaf terhadap sebagian isinya, atau mencelanya, atau mengingkari hurufnya, atau mendustakan hukum yang terdapat di dalamnya, atau menolak ketetapannya padahal dia tahu, atau ragu terhadap kandungannya, maka dihukumi kafir menurut kesepakatan ulama’. (syarh asy-syifa’[2]:549. Al-jamal al-jamal[5]:380. Kifayatul akhyar:494)

Muslimin Sairozi

Comments

comments

tags: , , , ,

Related For Al-Qur’an Diiringi Oskestra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *