Islam Nusantara adalah Mencintai Tanah Air

Thursday, September 22nd 2016. | Wawancara

d-zawawi-imron

D.Zawawi Imron 

Islam Nusantara adalah Mencintai Tanah Air

 

Kita sebagai orang Islam yang merasa lahir di Indonesia harus cinta kepada tanah airnya. Karena kita minum air Indonesia menjadi darah kita. Kita makan beras dan buah-buahan indonesia menjadi daging kita. Kita bernafas diatas bumi indonesia dan jika saatnya mati kita akan tidur dalam pelukan bumi Indonesia.

Saya kira, kenusantaraan itu karena memang kita mencintai tanah air dalam rangka, ya, hubbul wathon (cinta tanah air). Karena tanah air itu memberi kepada kita. Apakah kita hanya akan meminta saja kepada Indonesia lalu tidak memberi kepada Indonesia? Jadi jangan hanya bertanya apa yang Nusantara atau Indonesia berikan kepada kamu, tapi kita tanyakan juga apa yang bisa kamu kembalikan kepada Indonesia.

Semoga nanti NU bisa lebih membuat, mengupayakan suasana atau sistem yang membuat hari esok itu lebih bagus dari sekarang. Dan karena kita tidak boleh pesimis. Pesimis tidak akan menyelesaikan masalah. Kita harus optimis, apalagi dengan optimisnya para ulama’ yang merupakan optimis terhadap rahmatnya Allah. “Dan janganlah kamu berputus asa terhadap rahmatnya Allah”.

Comments

comments

tags: , , , , , ,

Related For Islam Nusantara adalah Mencintai Tanah Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *