Tanggal Cantik Kelahiran Bayi

Monday, December 22nd 2014. | Agama

download (1)Dewasa ini sering kali dijumpai kelahiran bayi yang diatur agar bertepatan dengan tanggal cantik semisal tanggal 9 bulan 9 pukul 9. Yang menjadi permasalahan terkadang pengaturan itu disengaja meskipun umur bayi menurut adatnya atau menurut hitungan dokter belum waktunya untuk dilahirkan sehingga kondisi bayi terlahir formatur. Lalu, bagaimana hukumnya melahirkan secara prematur demi tanggal cantik? Apabila bayi prematur tersebut meninggal apakah termasuk kategori pembunuhan?

 Masyarakat sekarang kerap melakukan sesuatu atau kegiatan-kegiatan tertentu agar menjadi lebih berkesan dan jadi pengingat seperti perkawinan dan melahirkan di tanggal yang cantik. Nah, menentukan momen suatu acara pada hari tertentu seperti perkawinan, pesta atau walimah-walimah lain –terlepas dari disertai i’tiqad atau tidaknya- hukumnya boleh.

Khusus untuk melahirkan, banyak cara yang ditempuh agar bayi terlahir bertepatan dengan tanggal cantik seperti yang di maksud di atas. Ada yang melakukan operasi caesar ada juga yang memakai cara induksi persalinan.

Secara syariat Islam jalan (caesar atau induksi, dll) diperbolehkan dengan alasan darurat. Bahkan diharuskan untuk menyelamatkan nyawa ibu atau bayi. Dalam ilmu kesehatan operasi caesar juga disarankan jika memang persalinan normal tidak bisa dilakukan karena sebab tertentu seperti kehamilan lewat bulan, perkembangan janin terhambat, kelainan kongentital pada janin dan ketuban pecah dini.

Begitu pula dengan induksi persalinan yang merupakan cara untuk merangasang kontraksi rahim guna mempercepat waktu kelahiran bayi. Cara ini biasanya dipakai bagi kehamilan yang sudah melebihi 40 minggu. Metode induksi persalinan ini tidak sederhana karena risikonya sangat besar. Salah satunya adalah kontraksi rahim yang terlau kuat sehingga mengakibatkan risiko gagalnya janin dalam berkompensasi. Selain itu ada juga risik rahim sobek.

Berdasar pada paparan ilmu kesehatan tersebut maka cara atau metode-metode di atas dilarang jika dilakukan hanya karena alasan mengejar tanggal dan hari unik. Karena mafsadahnya lebih banyak dari pada maslahahnya.

Kemudian jika si jabang bayi yang dilahirkan lewat prematur meninggal dunia, maka hal tersebut bisa masuk kategori pembunuhan (qathl al-khatha’). Oleh karena itu, ahli waris sang dokter harus memberikan diyyah mukhaffafah dan sang dokter harus memberikan kafarat.

Referensi : Ghayah at-Talkhish: 206, Tijan ad-Durari: 5-6,  Fatawa Fi al-Tauhid [I]: 17, Fatawa al-Syabakah al-Islamiyyah [8]: 6502, Al Wajiz Fi Ahkam al-Jirahah: 6/Juz I: 2, Nihayah al-Muhtaj [8]: 36, At-Tasyri’ al-Jana’i [2]: 7.

tags: , ,

Related For Tanggal Cantik Kelahiran Bayi