Hasyim Muzadi Diminta Himbau WNI di Yaman Untuk Kembali Ketanah Air

Sunday, April 5th 2015. | Kabar
  1. download

Yaman bergejolak. Pemberontakan dari Syi’ah Haouthi berlanjut hingga pada tanggal 21 Sebtember 2014, ibu kota Yaman yakni San’aa, jatuh ketangan mereka. Februari 2015, Presiden Yaman, Abdrabbuh Mansour Hadi melarikan diri ke kota Aden setelah ditahan selama beberapa hari oleh pemberontak Haouthi. Hingga pada Maret 2015, presiden menyatakan bahwa ibu kota Yaman berpindah ke kota Aden karena kota Sanaa telah diduduki oleh pemberontak Haouthi.

Simpatisan dari negara-negara sahabat berdatangan. Bantuan militer didatangkan untuk memulihkan Yaman agar kembali merdeka seperti Semula. Hingga saat ini, kondisi Yaman masih mencekam. Ledakan demi ledakan masih terdengar dimana-mana.

Yaman dikenal sebagai negara faforit bagi mereka yang ingin belajar keislaman. Banyak sekali pelajar luar negeri yang ingin menimba ilmu datang kesana, termasuk pelajar Indonesia. Gejolak yang terjadi disana pun membuat para pelajar khawatir dan memutuskan untuk pulang ke tanah air. Sebagian yang lain ada yang masih tetap tinggal disana, ikut kepada para Habaib dan Masyayikh.

Melihat hal ini Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menjadi khawatir dan meminta KH. Hasyim Muzadi untuk menghimbau kepada WNI di Yaman agar segera kembali ke tanah air.

Sebagaimana yang dilansir oleh Republika Online pada 30 Maret 2015 bahwa pertemuan itu diadakan di Pesantren Al-Hikam, Depok pada 29 Meret 2015. Permintaan Menlu itu di sampaikan melalui deputi perlindungan WNI Kementrian Luar Negeri, lalu Muhammad Iqbal kepada KH. Hasyim Muzadi guna membahas tentang perkembangan situasi Yaman yang semakin menghawatirkan karena terjadinya konflik bersenjata.

Dalam pertemuan tersebut, Rais Syuriah PBNU yang juga menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden menyatakan siap memberikan bantuan dengan menghimbau para Kiai dan Habaib agar meminta para santri, pelajar, dan mahasiswa yang ada disana untuk pulang sambil menunggu negara tersebut menjadi aman.

[Hasyim/Ichsan]

 

Comments

comments

tags: , , , , , , , ,

Related For Hasyim Muzadi Diminta Himbau WNI di Yaman Untuk Kembali Ketanah Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *